Software Penghitung Nilai Resistor Full Version


Cara Menghitung Nilai Risistor. Pertama kali cara yang digunakan untuk mengetahui Nilai Resistor adalah dengan menggunakan gelang Resistor, sehingga untuk dapat melihat nilai hambatan yang terdapat pada sebuah resisitor kita membutuhkan tabel gelang Warna Resistor.

Hal tersebut tentunya sedikit merepotkan, karena kita harus membutuhkan ketelitian serta daya ingat yang lebih extra, dan cara seperti ini semakin repot jika orang yang akan melakukan perhitungan nilai Resistor mempunyai kelainan masalah warna atau buta warna.

Namun untuk saat ini, bagi anda yang ingin belajar menghitung Nilai Resisitor tidak perlu khawatir lagi, karena seiring perkembangan teknologi, untuk cara menghitung nilai Resistor lebih mudah, yaitu dengan menggunakan Software Resistor Color Coder.

Cara Cepat Menghitung Nilai Resistor.

Cara paling mudah menghitung nilai Resistor adalah dengan cara menggunakan Resistor Color Coder, yang merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mengetahui nilai resistor dengan cepat.

Cara Menggunakan Resistor Color Code.

1. Download Software Penghitung Resistor, kemudian Install.

2. Jalankan program Resistor Color Coder, selanjutnya pilih jumlah gelang warna yang sesuai dengan Resistor, yaitu 4 gelang atau 5 gelang, lalu tinggal pilih warna Gelang.

Pada contoh di bawah ini saya menghitung Resistor yang memiliki 4 gelang warna.


Keterangan:
  1. Gelang 1 = Warna Coklat, menunjukkan Nilai angka 1.
  2. Gelang 2 = Warna Hitam, menunjukkan Nilai Angka, mengingat warna hitam tidak memiliki nilai angka, sehingga dianggap = 0.
  3. Gelang 3 = Warna Merah, menunjukkan jumlah 0 = 00.
  4. Gealng 4 = Warna Perak, menunjukkan nilai toleransi = 10%

Jadi nilai hambatan Resistor tersebut adalah 1000 Ohm atau 1K Ohm dengan toleransi 10%

1K Ohm Toleransi 10 % mempunyai arti bahwa Resistor tersebut memiliki nilai hambatan kurang lebih antara 900 Ohm - 1100 Ohm.

Selain itu masih ada lagi cara yang bisa digunakan untuk menghitung nilai resistor, karena seperti yang kita ketahui, bahwa Resistor memiliki beberapa jenis dan bentuk fisik, sebagai contoh Resistor pada Motherboard yang tidak memakai gelang warna, tetapi untuk menentukan besarnya nilai hambatan menggunakan angka yang di tulis pada fisik Resistor.

Dan untuk cara menghitung nilai hambatan jenis resistor yang menggunakan angka pada fisiknya, untuk caranya sama dengan cara menghitung nilai Capasitor Keramik dan Capasitor Milar, yaitu angka urutan 1 dan 2 menunjukkan nilai angka, sedangkan angka ke 3 dan seterusnya menunjukkan jumlah banyaknya jumlah 0.

Umumnya Resistor jenis ini memiliki toleransi 0,1 % atau dengan kata lain memiliki nilai hambatan sangat akurat sesuai dengan nilai angka yang ada pada body Resistor.

Note.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Software Penghitung Nilai Resistor Full Version"

Posting Komentar