Cara Setting gBilling Terbaru


Cara Install dan Konfigurasi gBilling Terbaru - Cara Menggunakan gBilling Terbaru. Bagi anda yang memiliki usaha warnet tetapi belum mampu membeli software billing berbayar, anda bisa mencoba salah satu Software Billing Warnet Gratis Full Version alias untuk menggunakan gBilling Terbaru Gratis Full Version kita hanya butuh modal terima kasih, karena gBilling merupakan Billing Warnet Full Version Gratis 100%.

Selain itu gBilling juga bisa berjalan pada multi platform, yaitu Windows, Mac OSX, dan Linux, karena memang untuk pertama kali gBilling diciptakan khusus sebagai solusi untuk sistem pembayaran Warnet berbasis Linux, tetapi dalam perkembangannya gBilling saat ini sudah mendukung platform Windows.

Pengembang gBilling adalah Ardhan Madras yang didukung dan disponsori penuh oleh Roksis, dan Roksis sendiri adalah konsultan yang khusus bergerak dalam menyediakan solusi-solusi untuk menggunakan sistem operasi Linux dan open source untuk digunakan pada tingkat enterprise.

Pada Tutorial Setting gBilling penulis menggunakan Windoows XP Professional SP3, ya maklum saja mau mencoba pada windows versi yang lebih baru spesifikasi komputer admin belum mendukung, mau di paksain juga kasihan tu komputer dah tua banget.

gBilling Server 0.3.2


Cara Install gBilling Server.

1. Download gBilling 0.3.2 Full Version 100 % Gratis.

2. Selanjutnya extraxt file gBilling Server 0.3.2 dan file gtk runtime kemudian taruh dalam satu Folder, dalam tutorial ini file gBilling + gtk Runtime sudah saya jadikan satu dalam folder GBilling Server 0.3.2 selanjutnya saya taruh pada Data D yang kemudian memiliki alamat D:\GBilling Server 0.3.2 dan saya menaruh file gBilling Client dalam satu folder GBilling Client 0.3.2 sehingga memiliki alamat D:\GBilling Client 0.3.2

3. Kemudian buka Explorer lalu klik kanan My Komputer, kemudian pilih Properties, selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


4. Selanjutnya pilih Tab Advanced, kemudian klik Environment Variables.


5. Kemudian dialog Environment Variables, lalu pada kotak System Variables, silahkan pilih Path lalu klik Edit.


6. Perhatian!.
Pada tahap ini merupakan hal yang paling krusial, karena umumnya gBilling tidak bisa berjalan dikarenakan kesalahan penambahan alamat direktori, untuk itu perlu ketelitian dalam menambahkan alamat direktori, dan sebelum menambahkan alamat direktori harus di awali dengan tanda " ; " (tanpa tanda petik).

Tampilan Edit System Variable default.
 

Selanjutnya pada Variable Value tambahkan alamat direktori tempat disimpan file gBilling, seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa saya menaruh file gBilling Server dalam satu folder di D:\GBilling Server 0.3.2 maka penambahan direktori menjadi ;D:\GBilling Server 0.3.2\bin lalu klik OK.


7. Kemudian buatkan shortcut untuk mempermudah dalam menjalankan gBilling dengan cara klik kanan gBilling Server 0.3.2 lalu Send To Desktop.

8. Kemudian jalankan gBilling, untuk pertama kali menjalankan gBilling biasanya muncul notifikasi firewall, silahkan pilih Unblock,  Username : admin dan Password : gbilling (penting penggunaan huruf besar dan huruf kecil sangat sensitif, seperti umumnya perintah-perintah yang digunakan pada platform Linux yang Case Sensitive).

9. Selesai.


Cara Setting gBilling Server.
Pengaturan gBilling Server sangat mudah dan simple,
  • Pengaturan Server, berisi tentang pengaturan Umum, Informasi, dan Notifikasi.
  • Pengaturan Client, berisi tentang setingan IP Komputer Client.
  • Pengaturan Tarif.
  • Pengaturan Paket.
  • Pengaturan Item.
  • Pengatruran Log.

Cara Install gBilling Client.
Untuk Cara Install gBilling Client, caranya sama saja dengan Cara Install gBilling Server, hanya berbeda pada penambahan nama direktori, atau anda bisa sesuaikan sendiri.

gBilling Server : ;D:\GBilling Server 0.3.2\bin
gBilling Client  : ;D:\GBilling Client 0.3.2\bin

Konfigurasi gBilling Client ke gBilling Server.
Silahkan jalankan gbilling Client, umumnya saat pertama kali melakukan koneksi ke server akan mengalami kegagalan, silahkan klik Ok untuk melalukan setting Client.
  • Masukkan IP Komputer Server.
  • Port biarkan default (1705)
Jika anda masih bingung dengan Cara Setting gBillig, silahkan anda kunjungi Situs Resmi gBilling.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Setting gBilling Terbaru"

Posting Komentar